Selasa, 29 Mei 2012

Mendidik Anak Agar Bertanggung Jawab


Menurut Jody Johnston yaitu penulis buku The Parent’s Toolshop, anak –anak dengan kecerdasan timggi terhadap rasa tanggungjawab akan membuat pilihan-pilihan dan bertanggung jawab atas hasilnya.
1.       Awali Sejak Dini
Jika seorang bayi belajar, dia akan diletakkan di boksnya lagi setiap kali dia menarik rambut ibunya. Dan dia akhirnya menghentikan perilakunya itu. Dari situ dia belajar tentang sebab akibat. Dan pelajaran itu akan terus diingatnya seumur hidup.
2.       Ajari Ketrampilan Menghindari Kesalahan
Adalah tidak masuk akal apabila anda berharap anak-anak bisa menyampaikan pesan telepon jika anda tidak mengajarinya. Misal mulaidari  cara menerima dan menjawab telepon, menuliskan pesan . Dan berikan kesempatan untuk mencoba ketrampilannya tersebut.
3.       Dorong perilaku bertanggung jawab
Jangan mengharap anak-anak menjadi sempurna.Jika anak pra sekolah belajar merapikan tempat tidurnya, perhatikan bagian yang tidak rapi dan ajari dia untuk merapikannya.
4.       Jadi Contoh
Jika anda dan anak anda berada di dalam mobil dan seorang pengemudi lain menyalib mobil anda, bicarakan hal tersebut sehingga dapat membantu anda mengendalikan  kemarahan anda.
5.       Beri Kebebasan
Biarkan anak-anak mengerjakan sesuatu sendiri. Tahan dorongan untuk membantunya atau bereaksi berlebihan.Kesalahan adalah bagian dari pembelajaran.
6.       Beri Kesempatan Bertanggung Jawab
Anak-anak akan lebih senang apabila mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki kesalahan mereka sendiri.
           Sumber : Majalah Aura    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar