Selasa, 29 Mei 2012

Rahasia Mendidik Anak Sukses


Mom, pasti mempunyai anak yang sukses jika dewasa kelak adalah impian seluruh orang tua di dunia, kan. Dan langkah-langkah kecil apa sajakah yang bisa kita lakukan untuk mengantarkan anak-anak kita menuju kesuksesan? Lagi-lagi informasi ini saya ambil dari Aura. Semoga bermanfaat yahh..
        1.     Bangunlah Empati
Anak yang sukses adalah anak yang bisa memahami perasaan orang lain. Karena anak yang empatetik akan meghargai pemikiran orang lain. Salah satu cara mengenmbangkan empati adalah menanamkan tenggang rasa kepada orang lain. Jika anak mengganggu atau mengejek orang lain, maka anda bisa berkata “ Coba kamu berpikir, bagaimana rasanya jika kamu yang diejek seperti itu”.
2.       Doronglah untuk Menyukai Prestasi
Anak yang sukses biasanya terampil dalam banyak bidang seperti akademik, olahraga atau kegiatan ekstrakurikuler. Anak-anak ini selalu ingin mencari tantangan karena mereka merasa menemukan peluang untuk sukses. Karena orangtuanya berhasil membantu mereka menikmati kesuksesan dan pada akhirnya mereka tertantang untuk sukses di bidang lain.
3.       Selera Humor
Dapat menemukan humor dalam sesuatu merupakan salah satu tanda kecerdasan. Orangtua dapat mengajarkan humor kepada anaknya dengan membuat lelucon. Karena humor dapat melepaskan tekanan-tekanan di sekolah.
4.       Keterlibatan Orang Tua
Orangtua yang melibatkan diri pada pendidikan sekolah anaknya, bertemu atau bertanya pada guru secara teratur. Yang juga penting adalah orang tua meluangkan waktu untuk betbicara dengan anak-anak mereka. Studi menunjukan anak-anak yang sukses berasal dari keluarga yang makan malam bersama secara teratur. Saat membicarakan sekolah, tanyakanlah apa yang dipelajarinya disekolah. Bukan nilai ujian mereka. Jika orangtua menunjukan ketertarikan yang tulus pada apa yang dipelajari anak-anak mereka, maka anak akan menjadi tertarik juga.

Sumber : Majalah Aura


Tidak ada komentar:

Posting Komentar